Gagal Panen... Easy going aja ...

Sekilas, judul di atas memang terkesan meremehkan. seolah- olah banyak uangnya (padahal tidak), sehingga gagal panen pun tidak masalah. Padahal ya nyesek bro..

Apakah saya pernah merasakan "Gagal Panen" atau panen yang gagal ?. Pernah !!,
nggak cuman sekali malahan, tapi berkali kali.. (sedih :-(  )

Terus kenapa koq terus diulangi kalau berkali-kali gagal?

Nah,. Yang nggak boleh diulangi adalah perlakuan yang sama pada tanamannya, kalau bertaninya ya lanjut teruss..
Gagal panen bagi saya adalah ketika hasil yang kita dapatkan setelah panen sama atau kurang dari modal yang kita gunakan selama proses bercocok tanam.

  • Pertama kali saya mengalami kegagalan panen pas baru pertama kali menanam padi, saat itu lagi ngetrendnya penyakit penggerek, saat itu penyakit penggerek masih baru di daerah saya. masih dalam pembibitan, padinya udah kuning. Setelah pindah tanam dan dipupuk bukannya tambah bagus malah banyak batang padinya yang rebah dan berwarna kuning. Setelah panik beberapa saat, dimulailah pencarian cara penyembuhannya, Setelah tanya sana ,tanya sini, tanya mbah2 sampai mbah googel. ternyata ketemu penyebabnya adalah ulat penggerek yang ada di dalam batang padi. Mulai coba coba bermacam2 insektisida, ada aneto, regent, virtako dll.. Alhamdulillah, tanaman padinya diberi kesempatan sembuh dan bisa panen dengan sdikit keuntungan, kalau capeknya ikut hitungan, masih terhitung rugi sih...
  • Yang kedua adalah saat saya pertama kali menanam jagung, Sebenarnya tidak ada masalah sampai panen. Masalahnya muncul pada saat proses penanaman dan penjualan hasilnya. Dikarenakan saat itu musim hujan sedang deras derasnya. Karena memang minim pengalaman, panen kami lakukan berhari-hari (seharusnya disegerakan dan diusahakan panen langsung habis). Sehingga warna jagungnya kurang bagus, dan kurang diminati di pasaran. Sampai sekarang pun masih ada sisa jagungnya , mungkin anda mau beli?. hehe 

Itulah beberapa pengalaman saya.. Kata orang-orang, Kalau pengen belajar renang ya harus kelelep dulu.. begitu juga dengan bertani. "Kalau mau sukses ya harus gagal dulu"
Dari pengalaman-pengalaman tadi banyak pelajaran yang saya dapatkan, sehingga bisa jadi bekal untuk masa tanam berikutnya, dan Alhamdulillah musim panen selanjutnya tanaman padi kami tumbuh dengan baik dan memperoleh hasil yang bagus :-)

Sekian, dan jangan kapok gagal

Komentar (0)

Posting Komentar

Cara Order:

1. Silahkan SMS ke no 085608155333, berisi:
-nama barang yang akan dibeli
-jumlah barang
-Nama serta alamat anda
2. Saya kirim balasan biaya totalnya (harga barang + ongkir)
3. Silahkan transfer ke rek mandiri 900-00-2664706-6 a.n Syahrul Mubarok
4. Sms konfirmasi ke 085608155333
5. Barang saya kirim, no resi saya smskan

Anda juga bisa order melalui tokopedia , Bukalapak dan Shopee